Minggu, 16 Mei 2010

Instalasi Jaringan

Saat ini kita mengenal sejumlah Operating System yang umum digunakan, yaitu varian dari Windows, seperti Windows 9x, 2000, XP, Me, Longhorn, dan Linux, seperti Mandrake, RedHat, SuSe, dan sebagainya. Masing-masing OS tersebut sudah selayaknya mempunyai kemampuan menginterkoneksi antar unit komputer dimana OS tersebut dijalankan, karena seperti yang kita ketahui kapabilitas ini tergolong vital.
Komponen-komponen jaringan komputer yang merupakan syarat untuk membangun sebuah jaringan komputer terdiri dari hardware dan software. Komponen hardware terdiri dari Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Hub, kabel dan konektor. Komponen software terdiri dari OS, Network Adapter Driver dan Protocol.

Instalasi Jaringan dengan Kabel UTP
Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di-twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang/8 kabel.
Pada saat ini penggunaan UTP cable merupakan pilihan yang paling efisien dalam pengembangan jaringan komputer berkecepatan tinggi 10 Mbps s/d 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100 m. ). Kabel UTP, umumnya RG-45 digunakan untuk network interconnection seperti yang akan diperlihatkan pada Kerja Lab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koplo aja

Video Tutorial Html

Video Tutorial Cara menginstall Crystal Report

Video Tutorial Cara Menginstal VB 6.0

Video tutorial cara menginstall sql server 2000

Kangen