Minggu, 16 Mei 2010

Jaringan Komunikasi Data

1.1 Model Komunikasi
Kita akan mulai dengan model sederhana dari komunikasi, yang digambarkan dengan diagram blok dalam gambar 1.1.

Inti dari sistem komunikasi adalah pertukaran data antara dua bagian. Gambar 1.2 menggambarkan komunikasi antara workstation dan server melalui jaringan telpon umum.

Contoh yang lain adalah pertukaran sinyal suara antara dua telepon melalui jaringan yang sama. Elemen-elemen penting dari model adalah :
1. Source (sumber); alat ini menghasilkan data untuk ditransmisikan/dikirim; contohnya adalah telepon dan personal komputer.
2. Transmiter; mengubah atau mengkodekan informasi sama seperti memproduksi sinyal elektromaknetik yang akan ditransmisikan secara berurutan.
3. Trasmission System (sistem transmisi); dapat berupa transmisi satu arah (sistem radio) atau dua arah (jaringan telkom).
4. Receiver (penerima); menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengubahnya ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh alat tujuan.
5. Destination (tujuan); penerima data yang datang dari alat penerima (receiver).
Secara umum konsep komunikasi data harus menjalankan beberapa tugas pokok yang mendasar. Untuk mendapatkan pengertian ini secara menyeluruh maka disni akan dikelaskan beberapa tugas utama yang harus dilakukan dalam system komunikasi data.
Tugas pertama, Transmission system utilization, adalah membuat agar pengguna sistem komunikasi dan peralatannya dapat digunakan secara effisien. Contohnya adalah pengguna multiplexing, bagaimana agar mampu mengalokasikan pengguna bandwidth dari media yang dipakai secara optimum dan effisien.
Interfacing, system komunikasi data akan menghubungkan alat satu dengan yang lainnya, hal ini membutuhkan alat yang mampu berkomunikasi dengan keduanya. Agar komunikasi berjalan satu dengan yang lainya seringkali digunakan satu signal yang sengaja dibangkitkan agar dapat dimengerti oleh peralatan lainnya, alat pembangkit signal ini disebut signal generation. Acap kali signal yang dibangkitkan memerlukan penyesuaian antara satu system ke system lainnya, untuk itu diperlukan singkronisasi antara transmitter dan penerima.
Kemampuan komunikasi antara dua bagian yang dikendalikan dengan teratur digolongkan dalam exchange management (manajemen pertukaran). Pertukaran data terjadi secara langsung dalam waktu tertentu keduanya harus bekerja sama. Contohnya, pada percakapan telepon, satu pihak harus menghubungi nomor telepon yang pihak lainnya, si pemanggil akan membangkitkan signal yang menimbulkan bunyi panggilan telepon. Pihak yang dipanggil melengkapi sabungan dengan mengangkat telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koplo aja

Video Tutorial Html

Video Tutorial Cara menginstall Crystal Report

Video Tutorial Cara Menginstal VB 6.0

Video tutorial cara menginstall sql server 2000

Kangen